Definisi Housekeeping Department
Dalam
bahasa inggris House berarti rumah,
gedung, wisma, hotel. Sedangkan Keeping mempunyai
arti Memelihara, merawat, menjaga.
Oleh sebab itu Housekeeping di sebut juga Tata Graha.
Housekeeping (tata graha) adalah
bagian dari departemen hotel yang mengatur atau menata peralatan, menjaga
kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah
(hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi
penghuninya.
Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar
tamu, namun secara keseluruhan bertanggng jawab menjaga, merawat dan
membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebeb
itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharan,
perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
Karyawan housekeeping memberikan
pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu, public
area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga dan fasilitas lainnya.
Mereka merupakan bagian dari team yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut
kedatangan tamu-tamu hotel. Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap
kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti
segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan.
Ruang lingkup tugas dan tanggung jawab
Bagian housekeeping harus bertanggung jawab atas ,kerapian
, keteraturan, kelengkapan kebersihan,
kenyamanan seluruh ruangan-ruangan
yang ada di dalam atau
pun area hotel. Meliputi :
1. Guest room
2. corridor
3. restaurant and banquet
4. Office room
5. Rest room
6. Locker
7. Park and garden
8. Swimming pool
9. Parking area
Tugas Housekeeping Deparment
1. Menciptakan suasana hotel yang bersih ,menarik,nyaman ,dan aman.
2. Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat
berkunjung maupun menginap di hotel.
3. Penyiapan ,penataan,dan pemeliharaan kamar-kamar.
4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan
ruangan umum di hotel.
5. Melaporkan dan membawa lost and found pada supervisor
6. Mengenakan seragam hotel,sepatu dan kaus kaki yang ditentukan.
Sasaran Housekeeping
1. Kebersihan.
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
2. Kerapian.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
3. Kelengkapan.
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standardnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standardnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
4. Fasilitas.
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan-kegiatan mereka
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan-kegiatan mereka
Dalam operasional hotel, hal-hal
mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh departemen housekeeping,
yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive
Housekeeper. Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab
area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai jumlah karyawan
lebih banyak dari depertemen lainnya. Oleh sebab itu, pelaksanaan pemeliharan
dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut :
1.
Public Area
Seksi yang mempunyai tugas dan
tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan
seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel,
antara lain Lobby area, restroom, restaurant, meeting room, garden, parking
area dan fasilitas untuk karyawan hotel.
2.
Room section
seksi yang mempunyai tanggung jawab
untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar
tamu.
3.
Laundry
seksi yang mempunyai tanggung jawab
untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluaan kamar, restauran dan
meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian
tamu yang kotor.
4.
Linen dan Uniform
seksi yang bertanggung jawab untuk
mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.
5.
Florist
seksi yang bertanggung jawab untuk
menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi
dalam hotel.
6.
Health & recreational bertanggung jawab atas pelayanan fasilitas-fasilitas
umum yang disediakan hotel untuk tamu, meliputi, spa and massage, fitness, golf,
pool dan yang lainnya.
Formulir yang Digunakan pada Housekeeping
Jenis-jenis formulir yang dipergunakan administrasi di Housekeeping antara lain:
1.
Roomboy Control Sheet
2.
Room Report
4.
Lost and Damages Report
5.
Repair and Maintenant Report
6.
Linen Inventory Report
7.
Cleaning and Guest Supplies Report
8.
Lost and Found Report
9.
Log Book
10.
Linen Laundry Delivery Slip
11.
Room Check List
12.
Lost and Found Book
13.
Mini Bar Daily Sales Report
14.
Mini Bar Daily Late Charge Report
15.
Mini Bar Bill.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar