Public Area Section
Bagian ini bertanggung
jawab atas kebersihan, kerapian, dan kenyamanan tamu hotel di public area. Bagian ini terdiri dai
beberapa bagian yaitu
1.
Public
area supervisor
2.
Public
Area attendant
3.
Night
Cleaner
4.
Florist
1.
Public
Area Supervisor
Bertanggung jawab terhadap kebersihan,
kerapian dan pemeliharaan Public area,
seperti lobby, F&B outlet, meeting
room, offices, parking area, swimming pool, public toilet dan
sebagainya, dan pelaksanaan kerja public
area dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan
menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang
ditentukan, uaraian tugas Public Area
Supervisor adalah sebagai berikut :
a.
Bertanggung jawab
terhadap kebersihan public area
sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
b.
Memberikan penugasan dan
arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet
Attendant, Florist serta
meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai
dengan standard yang ditentukan.
c.
Melakukan handing over dengan dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai
kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan
menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan
kepada shift berikutnya dengan jelas.
d.
Memeriksa daftar
kehadiran Staff public area setiap
hari.
e.
Memeriksa kondisi area
umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapian,
kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area
masing-masing.
f.
Memeriksa secara teliti
atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan
oleh Staff pada hari itu.
g.
Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
h.
Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan
menindaklanjuti area-area, fasilitas atau peralatan memiliki
kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
i.
Memeriksa kebersihan,
kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau Pantry.
j.
Bertanggung jawab
terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
k.
Membuat program pelatihan
(training program)
terhadap Staff Public area secara rutin.
l.
Mengawasi pelaksanaan
program pemeliharaan atau pembersihan
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
m. Melakukan pemeriksaan
atau inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan
kualitas pemeliharaan kebersihan public
area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.
n.
Melakukan pengawasan
terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
o.
Melakukan kerjasama yang
erat dan baik dengan semua bagian, seperti Floor,
Linen/Uniform dan Laundry, serta
dengan departemen lain, terutama Front
office dan Engineering untuk
meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan
public area yang terbaik.
p.
Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi
hari atau handing over sore hari, dan
pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff Public area untuk melakukan koordinasi operasional serta
saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki
kualitas pekerjaan dan pelayanan.
q.
Menjalankan prosedur
keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu,
orang lain dan diri sendiri.
r.
Menjalankan tugas yang
diberikan oleh Public area Housekeeper
atau Executive Housekeeper/Assistant atau
Floor Housekeeper.
2.
Public
Area Attendant
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan public
area dan pelaksanaan kerja, menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai
dengan standard dan prosedur yang ditentukan. Uraian tugas Public Area Attendant adalah sebagai berikut :
a.
Melakukan handing over dengan Night Cleaner pada saat memulai kerja, dan handing over dengan
Public area Attendant Shift sebelumnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.
Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
c.
Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
d.
Membersihkan lantai
dengan Sweeping dan Mopping.
e.
Membersihkan restaurant
atau F&B outlet lain selepas
waktu makan pagi dan siang sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.
f.
Membersihkan kaca dan
jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan
area lain.
g.
Membantu mengosongkan
sampah dan linen kotor
dari Room Attendant Trolley.
h.
Mengosongkan tempat
sampah di area umum.
i.
Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi,
baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
j.
Menjaga kondisi seluruh
area umutn bersih dan rapi.
k.
Melapor pada Public area Supervisor apabila adan
kerusakan yang terjadi di area.
l.
Memeriksa kebersihan,
kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section, seperti trolley,
cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning
equipment.
m. Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara
rutin.
n.
Menghadiri brlefing rutin setiap hari, baik pagi
hari atau handing over sore hari, dan
pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan Supervisor atau Housekeeper.
o.
Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
p.
Menjalankan tugas khusus
yang diberikan sesuai kebutuhan.
3.
N1ght
Cleaner
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan Public area
pada Night Shift (giliran kerja
malam), menjalankan pelayanan Housekeeping
yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur
yang ditentukan. Uraian tugas Night
Cleaner adalah sebagai berikut :
a.
Melakukan handing over dengan Public area Attendant Evening Shift pada saat akan memulai kerja,
dan handing over dengan Public area Attendant Morning Shift pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.
Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
c.
Membersihkan lantai
dengan Sweeping dan Mopping.
d.
Mengosongkan tetnpat
sampah di area utnum.
e.
Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi,
baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
f.
Menjaga kondisi seluruh
area umum bersih dan rapi, termasuk di employee
service area, seperti locker, canteen,
koridor karyawan, ruang parkir dan sebagainya.
g.
Melapor kepada Public area Supervisor apaila ada
kerusakan yang terjadi di area.
h.
Memeriksa kebersihan,
kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section, seperti trolley,
cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning
equipment.
i.
Menjalankan program general cleaning, shampooing carpet,
re-coating marble Floor atau
tugas yang disesuaikan dengan kebutuhan.
j.
Membantu tugas Floor Section menyiapkan linen di Floor Pantry atau tugas lain.
k.
Menghadiri program
pelatihan (training program) yang
diadakan secara rutin.
l.
Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik malam
hari atau handing over pagi hari, dan
pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan Supervisor atau Housekeeper.
m. Menjalankan prosedur keamanan,
keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan
diri sendiri.
n.
Menjalankan tugas khusus
yang diberikan sesuai kebutuhan.
4.
Toilet
Attendant
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan ruang-ruang toilet umum maupun di
back Office dan locker room, menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan
menyenangkan, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan. Uraian tugas
Toilet Attendant adalah sebagai
berikut :
a.
Melakukan handing over dengan Shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan Shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.
Membersihkan toilet room di lobby, banquet room, back Office, executive Office, locker room dan ruang lainnya di public area.
c.
Membersihkan urinoir, wash basin, wah basin counter,
cermin, toilet bowl, lantai dan
lain-lain.
d.
Mengganti toilet tissue dan mengisi paper towel (bila tersedia) atau
mengganti hand towel.
e.
Memeriksa dan
mengosongkan serta membersihkan tempat sampah di toilet room.
f.
Melapor kepada Supervisor
apabila ada kerusakan atau masalah yang terjadi di toilet room.
g.
Memeriksa kebersihan,
kerapian peralatan keperluan kerja, seperti trolley,
cleaning supplies/agents dan cleaning equipment.
h.
Membantu pelaksanaan
tugas Staff Public area lain sesuai
yang diinstruksikan.
i.
Menghadiri program
pelatihan (training program) yang
diadakan secara rutin.
j.
Melaksanakan
program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti
kristalisasi atau re-coating lantai
marmer, pembersihan kaca jendela, general
cleaning dan sebagainya.
k.
Melakukan pengawasan
terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
l.
Menghadiri briefing rutin setiap hari
atau handing over, dan pertemuan
berkala, baik mingguan atau bulanan.
m. Menjalankan prosedur keamanan,
keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan
diri sendiri.
n.
Menjalankan tugas yang
diberikan oleh Executive Housekeeper/
Assisitant atau Floor Housekeeper.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar